fbpx

6 Bahan Dasar Tas Yang Sering Digunakan

6 bahan dasar tasAda banyak tas yang bisa anda gunakan, tergantung dari kebutuhan dan selera. Pilihannya hampir tak terbatas. Mungkin saat membeli tas hal yang paling anda perhatikan adalah modelnya atau bahkan warnanya. Terlepas dari hal tersebut, ternyata ada faktor lain yang tidak kalah penting yaitu bahan. Jenis Bahan pengaruhnya sangat penting karena menentukan kualitas tas itu sendiri. Percuma kan modelnya bagus tapi kualitas bahannya jelek. Oleh karena itu anda harus jeli dalam memulih bahan dari tas yang akan anda beli. Haruslah berkualitas tinggi dan sesuai dengan selera anda tentunya. Berikut 6 bahan dasar tas yang biasa digunakan. Akan dijelaskan di poin – poin dibawah ini.

6 Bahan Dasar Tas yang sering digunakan

1. Leather/Kulit

6 bahan dasar tas

Untuk jenis bahan ini, umumnya digunakan untuk label desainer dan tas mewah. Itu karena bisa dengan mudah dipotong, dibentuk, dan didesain dengan berbagai cara. Selanjutnya daya tahannya sudah teruji oleh waktu. Detail yang diberikan membuatnya  menjadi salah satu bahan yang paling difavoritkan oleh banyak pecinta mode. Satu-satunya kekurangan dari bahan ini adalah harganya. Pasti, itu sangat mahal, terutama jika berasal dari hewan eksotis. Bahkan kulit biasa saja tidaklah tidak murah. Itu karena proses pembuatannya sangat melelahkan.

2. Kain

6 bahan dasar tas

Jenis bahan ini memiliki berbagai macam jenis. Katun adalah yang paling populer. Banyak yang menginginkan tas katun karena bisa dilipat saat tidak digunakan. Sebenarnya, untuk jenis tas dengan bahan kain tidak dirancang untuk keperluan mode. Beberapa didesain sedemikian indah sehingga anda tidak akan tahu kalau tas yang anda pakai terbuat dari bahan yang lebih murah. Apalagi tas kain itu mudah dibuat. Tas ini biasa dibuat untuk keperluan sehari-hari atau untuk acara-acara khusus. Tidak perlu peralatan canggih atau proses rumit untuk membuatnya. Adapun faktor lain yang membuat tas kain menjadi populer adalah kemudahan dalam membersihkannya. Kebanyakan dari jenis ini bisa dicuci seperti halnya mencuci pakaian.

3. Karet

6 bahan dasar tas

Bahan Karet biasa digunakan sebagai bahan tas mahal untuk wanita. Bukan karena karet mahal, tetapi karena mudah ditemukan hampir di setiap tempat. Lalu, proses pembuatan tas karet tidaklah mudah karena tidak semua bahan karet bisa digunakan. Karenanya karet dengan kualitas tinggilah yang akan digunakan sebagai bahan.

4. Polyester

6 bahan dasar tas

Jenis polyester yang biasa digunakan untuk pembuatan tas ini dikenal tahan lama, tidak mudah kusut, dan lebih cepat kering saat dijemur. Polyester digunakan pada tas bukan tanpa alas an. Hal ini karena bahan ini lebih tahan terhadap berbagai bakteri, tahan air (water-resistant) dan juga tidak mudah kusut ataupun melar, serta tahan terhadap pencucian kimia atau dry cleaning maupun pelarut organik. Namun, polyester juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menyerap keringat. Akan terasa panas saat digunakan di cuaca yang panas. Lalu, bahannya mudah terbakar seperti bahan kain sintesis kebanyakan. Karena bahan – bahan tersebut terbuat dari polimer.

Akan kita lanjutkan pembahasan tentang 6 bahan dasar tas yang sering digunakan pada konveksi tas.

5. Kanvas

6 bahan dasar tas

Untuk jenis bahan kanvas, sifatnya berserat tebal dan sangat kuat. Bahan kanvas yang cukup terkenal secara umum adalah kanvas lukis. Secara fisik, bahannya sedikit kasar dan tebal serta kaku. Ada juga bahan kanvas yang jauh lebih halus dan lebih lembut serta tidak kaku, jenisnya disebut baby canvas. Jika jenis bahan baby canvas digunakan untuk membuat tas, tas akan terlihat lebih premium dibandingkan menggunakan kanvas lukis.Tas berbahan kanvas sangat bagus dan fashionable. Bahan kanvas digunakan pada tas karena cukup kuat atau tahan lama, sehingga banyak diaplikasikan dengan bahan lain pada finishing produk tas.

6. Denim

6 bahan dasar tas

Bahan denim dikenal sebagai bahan celana, jaket, atau kemeja. Bahan denim juga digunakan untuk membuat tas model backpack, sling bag, dll. Bahan Denim sendiri berasal dari sebuah kota di Prancis yang bernama Nimes. Pada awalnya, bahan ini disebut Serge de Nimes, lalu kemudian disingkat menjadi denim (deNims). Selain kuat, bahan denim juga terlihat lebih kasual. Sangat cocok bagi kamu yang bergaya trendy namun juga ingin terlihat elegan.

Itulah 6 bahan dasar tas yang sering digunakan pada umumnya. Untuk anda yang menginginkan tas seminar, custom, ransel, totebag, seminar kit dan lain – lain dapat mengunjungi Konveksi Tas ini atau produsen tas ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik representatif kami berikut untuk chat langsung melalui WhatsApp

Chat Langsung via WhatsApp!